Tutorial dan Panduan serta Cara Instalasi WordPress di Komputer Lokal | Localhost

Untuk melakukan instalasi wordpress di komputer lokal atau localhost sebagai servernya, yang perlu di catat adalah menjalankan program php dan pengolah databasenya, sebab nantinya jika kita melakukan instalasi wordpress di server yang online hal dimaksud tidak berbeda.

Sebelum berlanjut, kadang ada pertayaan buat apa sih kita susah-susah instal wordpress di localhost/ komputer lokal. Jawabanya saya kira sepele saja.

Pertama karena memang penanya tidak tahu proses instalasi wordpress dan ingin belajar yang kedua karena kebutuhan. Dalam artian kita butuh instal wordpress tersebut untuk membuat template atau mengedit template yang telah di sediakan oleh wordpress. Jika memang yang kedua yang menjadi alasan kenapa kita instal wordpress di komputer lokal ini mungkin alasan yang tepat. Ketiga karena kita mau belajar membuat blog dan belajar posting serta mengutak-atik menu yang disediakan oleh wordpress.

Kemudian untuk instalasi wordpress di komputer lokal seperti saya kemukakan tadi bahwa program database yang penting sebab jika tidak, file-file wordpress dengan extensi .php tidak bisa di preview di browser. Sehingga percuma saja kita melakukan edit atau membuat template dengan text editor. Sebagai contoh saja, yang tertarik menggunakan appserver, bisa menggunakan program tersebut untuk menjalankan php dan mysql databasenya. Atau juga bisa menggunakan xampp.

Langkah-langkah instalasi wordpress di kompuer lokal :

Pertama saya sarankan anda menggunakan dreamweaver sebagai text editor karena cukup mudah di pelajari. Kemudian setelah program dreamweaver terinstal, lakukanlah instalasi appserver/ xampp. Saya menggunakan appserver “appserv-win32-2.5.5”. sebab disamping software ini telah tersedia program apache dan mysql didalamnya, ukuran filenya pun hanya kecil di banding manfaatnya yang besar.

Cara instal appserv-win32-2.5.5 :

Dobel klik “appserv-win32-2.5.5.exe” ikuti perintahnya dengan klik “next” dan “next” lagi. Jika diminta lokasi folder tempat instalasi tersebut, pilih sessuka anda (jika komputer anda memakai system freezer, jangan instal di C:/), sehingga nanti akan terletak di “folder_tempat instal:/appserv” jika instal di disk D:/, maka =”d:/appserv”.

Selanjutnya klik “next” lagi. Jika sampai pengisian “user” dan “password” sebaiknya di kosongi semua. Supaya nanti kita bisa merubah sesuai kehendak kita dan memang sebaiknya jangan diisi. Klik “next” lagi. Setelah selesai, jalankan appserver dari “start-program-Appserv-lalu sorot manual control server dan klik apache start” kemudian muncul jendela hitam, diminimize saja. Lalu klik lagi “start-program-Appserv-lalu sorot manual control server dan klik mysql start” lalu jendela hitam di minimize lagi.

Setelah itu klik lagi “start-run” ketik “cmd” lalu akan muncul lagi jendela hitam dengan tulisan : c:\ documents and settings\.. , ketik D:\ jika tadi instal appserv di D:\, jika di E:\ maka ketik E:\ begitu seterusnya.

Sebagai contoh tadi instal nya di D:\ anggap saja anda ketik D:\ lalu tekan enter. Selanjutnya di bawah tulisan c:\ documents and settings\ akan muncul D:\.

Langkah selanjutnya ketik : cd/appserv/mysql/bin kemudian tekan enter lagi, dan dibawahnya akan muncul : appserv/mysql/bin kemudian ketik : mysql –u root –p dan tekan enter lagi, maka dibawahnya akan muncul tulisan : Enter Password :… ini tak perlu diisi, tekan enter lagi dan di bawah sendiri akan muncul : mysql> ini menandakan bahwa program appserver anda telah berjalan. Lalu minimize lagi jendela tersebut. Untuk mengetes appserver berjalan atau tidak, sekarang bukalah browser anda dan ketik : “localhost” jika berjalan dengan baik maka akan muncul halaman dari Appserv Open Project -2.5.5 for windows, akan tetapi meskipun appserver sudah berjalan dengan baik kadang kala ketika di test di browser tidak mau jalan. Hal ini karena internet koneksi kita belum disetting. Caranya mensetting buka control panel lalu pilih Internet Options, pada jendela yang keluar pilih menu connection lalu klik pada setup. Ikuti terus perintahnya yang berarti mengiakan. Nanti pasti akan berhasil dan keluar halaman seperti pada gambar di atas.

Kemudian sebelum instal wordpress, buatlah folder (ibaratnya anda membuat alamat web/ blog) di dalam folder www yang ada di dalam subfolder instalasi appserv. Jika tadi anda instal appserv di D:/ berarti anda akam mempunyai folder dengan alamat : D:\AppServ\www.., nah didalam folder www tersebut anda harus membuat folder, misalnya anda beri nama : tutorial, berarti alamat web atau blog anda di komputer lokal atau localhost adalah : http://localhost/tutorial dan folder anda terletak di D:\AppServ\www\tutorial. Didalam folder “tutorial” itu nantinya instalasi wordpress anda akan tersimpan.

Sekarang ikuti petunjuk dibawah ini :

Pertama : bukalah browser anda (mozilla, firefox, Internet explore)

Kedua : bukalah windows eksplorer anda

Ketiga : siapkan file wordpress, jika tidak punya file ini bisa di download atau kalau gak mau boleh datang ketempat saya nanti saya kasih he he..he. Jika file wordpress anda berbentuk .rar atau .zip, silahkan di extract dulu. Kemudian file-file yang ada di dalam folder hasil extract-kan tadi anda kopi dan anda paste ke dalam folder “tutorial” yang anda buat di dalam WWW tadi. File-file tersebut antara lain file ber-extensi .php dan html dan beberapa folder (wp-content, wp-admin, dsb) semuanya harus anda copy dan paste kedalam folder “tutorial”.

Untuk memulai instal wordpress, bukalah browser anda, ketik : http://localhost akan muncul halaman seperti di awal tadi

kemudian klik : “phpMyadmin Database Manager Version 2.6.4-pl4”, maka akan muncul halaman untuk membuat database.

isikan pada kolom “ciptakan database baru”atau “create new database” sesuka anda (misal=db-tutorial) akhiri dengan klik “ciptakan” atau “create”.

Ingatlah nama database anda tersebut. Kemudian masih di browser anda ketik : http:localhost/tutorial dan akan muncul halaman yang menyatakan anda tidak mempunyai file wp-config.php, kemudian klik pada tulisan “create wp-config…..”

pada halaman selanjutnya klik “ let’s go!” akan sampai pada halaman yang minta anda isi.

di halaman ini yang perlu anda isi adalah pada :

Database Name : isi dengan database yanga anda buat tadi, yakni : db-tutorial User Name : isi dengan : root

Untuk passwordnya kosongi saja kemudian lainnya itu biarkan seperti pada gambar di atas.

Akhiri dengan klik “submit”. Dan muncul halaman sebagai berikut :

langsung saja klik “run install wordpress” dan akan uncul sebuah halaman yang meminta anda mengisi judul blog dan email anda. Isi terserah anda dan yang perlu di ingat adalah pada bagian e-mail harus benar-benar format sebuah alamat e-mail.

Akhiri dengan klik “install wordpress” dan akan muncul halaman memberi tahu user admin dan pasword anda serta alamat untuk login ke dalam blog local anda.

Biasanya user admin adalah : admin dan catatlah pasword tersebut sebelum nanti anda ganti melalui dashboard anda. Dimana user dan pasword tersebut anda gunakan untuk login di : http://localhost/tutorial/wp-login.php, (ketik pada browser anda) akan muncul halaman login seperti pada umumnya. setelah anda masukkan user dan password anda tadi anda akan sampai pada halaman dashboard (panel control) dari blog anda.

Semoga sukses !!!


37 thoughts on “Tutorial dan Panduan serta Cara Instalasi WordPress di Komputer Lokal | Localhost

  1. Saya kesulitan dalam menginstal appserv, versi yang saya gunakan 2.6.0

    dan saya mendapati pesan ginian
    Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in D:\AppServ\www\tutorial\wp-settings.php on line 399

    Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in D:\AppServ\www\tutorial\wp-settings.php on line 414

    Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in D:\AppServ\www\tutorial\wp-settings.php on line 421

    Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in D:\AppServ\www\tutorial\wp-settings.php on line 456

    Fatal error: Declaration of Walker_Page::start_lvl() must be compatible with that of Walker::start_lvl() in D:\AppServ\www\tutorial\wp-includes\classes.php on line 576

    Mohon bantuan sampean…

  2. sorry bos-bos semua. klo appservnya baca aja di sini, trus klo joomla tanya om google aja. ok..

    trus untuk eror appserver spt saudara muhibbudin diatas, kelihatannya file wordpress sodara kemungkinan ada yang broken. kemungkinan anda membuat data base manual dan ketika memasukkan ada kesalahan penulisan. lebih baik anda ganti wordpress nya dulu. kesalahan bukan pada appservernya bos dengan catatan anda bisa menjalankan localhost di browser.

    sedangkan untuk install komputer, maksudnya gimana y??
    pake win 98 apa win xp apa vista. soale beda pak.

  3. blognya informatif, dan pagerank-nya juga bagus … kalo ga salah 3, tapi ga berarti banyak buat yang comen dan ingin meningkatkan PR-nya lewat comen, soalnya ga blog ini menggunakan “no follow”

  4. maaf mas, newbie neeh. jadi apa untungnya kalau saya install versi 2.6.1 ke 000webhostya? apakah ada kelebihannya? PS. saya buta program webdesigner, jadi apakah lebih baik saya pakai di WP saja? mhon pencerahan. suwun

    ### selama saya pakai keduanya, pada dasarnya sama saja, hanya akan muncul sedikit perbedaan misalnya pada “design” dan “presentation”. dan tampilan pada posting jika anda perhatikan denga seksama. kedua tab tsb sama fungsinya yakni akan masuk pada template wordpress, perbedaan yg lain silahkan anda googling sendiri ya####

  5. Halo Pak,

    Setelah saya install Appserver dan mau masuk phpmyadmin, kita harus memasukan username dan password. Username yang saya masukan itu apa ya.

    Trims

  6. Kunjungan Blog Arifust Artikelnya bagus apalagi kata-katanya menarik menambah wawasan dan pengalaman saya trims ya…lanjutkan artikelnya saya tunggu. O iya… Boleh saya minta komentar dari teman untuk artikel di blog saya? Kalau Boleh Kunjungi blog saya ya hari ini saya baru posting artikel tolong komentarnya kalau bisa komentarnya berkaitan dengan artikel yang di pilih teman. Ini alamatnya : http://arifust.web.id terima kasih banyak satu lagi kalau mau tuker link masukan saja link teman di Guest Book insya Allah swt besok langsung saya pasang link teman.

  7. saya dapati pesan error setelah saya ketikkan http://localhost/wordpress

    Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in C:\AppServ\www\wordpress\wp-settings.php on line 520

    Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in C:\AppServ\www\wordpress\wp-settings.php on line 535

    Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in C:\AppServ\www\wordpress\wp-settings.php on line 542

    Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in C:\AppServ\www\wordpress\wp-settings.php on line 578

    Fatal error: Call to undefined function set_magic_quotes_runtime() in C:\AppServ\www\wordpress\wp-settings.php on line 18

    tolong pencerahannya, makasih..

  8. pak, saya mau tanya, koq di ‘phpMyAdmin Database Manager’ saya ga bisa buat create new database ya?
    itu program nya yang error atau knp ya?
    thx

  9. thnks infonya, tapi saya pusing sekali dalam menerapkan penginstalannya…saya sudah download wordpress..next step apa?mohon panduan visual dari awal hingga akhir. denny

  10. Kalau kita mau install script ke wp localhost, apakah scriptnya harus dibuatkan database dulu di myphpadmin atau bisa langsung di instal ke blog wp nya? Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s